Mitosis 2023 Usung Tema “OSTEON (Explore Our Passion To Be Best Generation)”

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Rangkaian kegiatan masa orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek) mahasiswa baru telah mencapai tahap akhir. Setelah dilaksanakan ospek universitas atau yang disebut dengan PBAK Refortika, kegiatan ospek dilanjutkan di tingkat fakultas atau yang dikenal dengan Ta’aruf. Program Studi Pendidikan Dokter menyelenggarakan ospek jurusan atau biasa dikenal dengan Mitosis, kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari yaitu pada tanggal 9,16,23,30 pada bulan September 2023 yang dilaksanakan di Ruang Diskusi Rumah Singgah lantai 3, Kampus Pascasarjana UIN Malang.

Mitosis merupakan rangkaian acara Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) yang memiliki panduan dasar berasal dari Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI). Acara ini terdiri dari pemaparan materi dan diskusi aktif yang diikuti oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Angkatan 2023. Tujuan dari diselenggarakan acara ini adalah sebagai wadah memperkenalkan budaya kedokteran UIN Malang serta memberikan pelatihan terkait manajemen dalam kepemimpinan. Acara ini dihadiri oleh wakil dekan III FKIK UIN Malang, sekertaris prodi Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD), ketua HMPPD, dan pemateri.

Mahasiswa melaksanakan kegiatan Mitosis dengan menggunakan atasan putih, bawahan hitam, menggunakan identitas diri, serta memakai atribut unik sesuai ciri khas dari kelompoknya masing-masing. Mereka mendengarkan dan mencatat materi yang disampaikan, kemudian dilanjutkan dengan diskusi aktif atau sesi tanya jawab yang akan dijawab langsung oleh narasumber.

Dalam acara ini telah dihadirkan pemateri-pemateri hebat guna memberikan pelatihan terkait manajemen dan kepemimpinan. Seperti materi yang disampaikan oleh alumni (PSPD) Hanun Chafira Qarunnada, S.Ked. beliau membahas tentang 5 star doctor, teori terbentuknya pemimpin, gaya kepemimpinan, cara menjadi pemimpin, pembelajaran yang didapat dalam organisasi, serta cara manage antara kuliah dan organisasi. Selain itu dikenalkan juga budaya kedokteran, himpunan-himpunan didalamnya, visi misi, serta program kerja yang disampaikan oleh BPI HMPPD.

Kegiatan Mitosis ini mendapatkan respon positif dari dosen maupun peserta. “Acara berjalan dengan lancar, antusiasme peserta dan panitia terjaga. Penyampaian materi dapat tersampaikan dengan baik dan saya harap dengan adanya acara ini kedepannya dapat membantu teman-teman PSPD 2023 dapat mengenal dan berkembang dalam acara ini” ujar Lutfi selaku ketua pelaksana Mitosis 2023.


Kontributor : Lisa Khanana Mahmudi, Safira Rosyadatul Aissy, Raina Habibatul Haq