EN ID

Perjalanan Akreditasi: Kedokteran UIN Malang adalah Anugerah yang Akan Bersinar

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Satu pekan berlalu sejak kunjungan tim asesor LAM-PTKes ke Gedung Kampus III FKIK UIN Malang serta sejumlah fasilitas penunjang pendidikan dalam rangka akreditasi Program Studi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Meskipun demikian, sejatinya perjalanan persiapan akreditasi Prodi Kedokteran FKIK tersebut telah dimulai jauh hari tepatnya sejak periode April 2020 dengan diketuai oleh dr. Abdul Malik Setiawan, M.Infect.Dis, kemudian dilanjutkan oleh Bpk. Yossi Indra Kusuma, S.Ked.,M.Med.Ed dengan di bawah arahan langsung Dekan FKIK Prof. Dr.dr.Yuyun Yueniwati PW, M.Kes.,Sp.Rad(K). Sepanjang jangka waktu tersebut, tim ini bekerja tak kenal lelah dan penuh dedikasi. Hal tersebut dilakukan demi mencapai cita-cita bersama, yakni meningkatkan mutu akreditasi institusi.

Dalam kurun waktu kurang lebih 2 tahun, tim akreditasi telah melakukan banyak sekali persiapan. Selain menyusun borang akreditasi, tim ini juga bekerja keras menyusun Dokumen Kinerja serta Laporan Evaluasi Diri. Tim juga dituntut untuk melengkapi bukti-bukti pendukung yang dibutuhkan sesuai dengan isian borang akreditasi 9 kriteria. Selama masa persiapan tersebut, banyak agenda-agenda penting yang sempat dilalui, diantaranya seperti: Surveilans Akreditasi dari LAM-PTKes pada tanggal 23 Juni 2021, Asesmen Lapangan dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) pada 13 September 2021, Desk Evaluation KKI pada 11 November 2021 serta submit borang akreditasi KKI pada 9 Desember 2021, hingga akhirnya LAM-PTKes melakukan Asesmen Lapangan pada 10 hingga 12 Januari 2022 yang lalu. Meskipun banyak sekali agenda yang hampir bersamaan di tahun 2021, namun menurut Ketua Tim Akreditasi yang sekaligus menjabat sebagai Sekretaris Prodi Pendidikan Dokter, Bapak Yossi, padatnya agenda tersebut justru semakin membuat Kedokteran UIN Malang semakin siap dan percaya diri dalam menghadapi proses akreditasi hingga asesmen lapangan oleh LAM-PTKes.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin. Segala upaya yang luar biasa dalam mempersiapkan akreditasi Prodi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter FKIK UIN Malang ini dibalas dengan nikmat yang setimpal oleh Allah SWT. Hal tersebut terasa dari kesan para asesor yang hadir mulai dari penjemputan, selama proses asesmen lapangan, hingga bertolak kembali ke masing-masing daerah. Mengutip pernyataan yang disampaikan oleh Bapak Yossi, para asesor merasa terkesan dengan apa yang ada di Kedokteran UIN Malang.

Kedokteran FKIK UIN Malang ini adalah anugerah yang perlu dijaga dan senantiasa dikembangkan, sehingga kelak bisa bersinar dibandingkan dengan yang lain.

Kedokteran FKIK UIN Malang adalah program studi kesehatan yang memiliki masa depan cerah. Bagaimana tidak? dukungan dan harapan bagi prodi ini sangat besar mulai dari pimpinan fakultas maupun universitas, dari RSU Karsa Husada selalu RS Pendidikan Utama juga sangat luar biasa, dukungan wahana pembelajaran yang lain, serta dengan adanya rencana pembangunan rumah sakit pendidikan adalah hal besar yang patut untuk diapresiasi.

Hingga tulisan ini dipublikasikan, Prodi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter FKIK UIN Malang masih harus menanti hasil sidang Dewan Majelis LAM-PTKes untuk menentukan status akreditasi berdasarkan penilaian dokumen dan hasil asesmen lapangan. Setelah kita berikhtiar secara maksimal, pada akhirnya sebagai makhluk-Nya kita wajib berserah diri kepada Allah SWT, Sang Maha Pemberi Keputusan. Huwa_ArRohmaanu aamannaa bihii wa ‘alaihi tawakkalnaa.. (QS Al-Mulk:29)

Editor: Alif FF – Humas FKIK