Penyelenggaraan Haji 1440H/2019M

Jakarta, 25 April 2019

Menghadapi musim haji 1440 H/ 2019 M, FKIK UIN Malang kembali mendapat kepercayaan oleh Direktorat Jendral PHU untuk mengirimkan dosen dan tenaga kependidikannya menjadi bagian dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Kepercayaan dari Kemenag ini merupakan yang kedua kalinya diberikan kepada FKIK UIN Malang menyusul kesuksesan tahun lalu. Pada tahun ini FKIK UIN Malang menugaskan 5 personil untuk tergabung dalam tim P3JH (Pertolongan Pertama pada Jamaah Haji) yaitu : dr. Christyaji Indadmojo, dr. Doby Indrawan, MMRS, dr. M. Rizal Novianto, MHPE, dr. Iwal Reza Ahdi, Sp.PD, dan Ferry Nur Nasyroh, S.Kep., Ners.

Pada tanggal 23 April-2 Mei 2019 ini, Kemenag melakukan pembekalan terintegrasi petugas haji Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta yang bertujuan untuk menyiapkan petugas haji yang bersih dan melayani dengan menjunjung tinggi 5 nilai budaya kerja (integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan). Pembekalan ini diikuti oleh seluruh calon petugas PPIH baik dari Kementerian Agama maupun Kementerian Kesehatan RI.

Sebagai unit baru di PPIH, peran P3JH begitu terasa ketika operasional layanan ibadah haji di sektor khusus Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan Armuzna (Arafah, Muzdalifah, dan Mina). P3JH berhasil melakukan kontak awal dengan jamaah yang memiliki potensi masalah kesehatan maupun non kesehatan di tempat tugas.  P3JH berperan dalam melakukan pertolongan pertama, mengevakuasi, dan melayani kebutuhan jamaah terkait medis dan non medis. Tim yang dibentuk Kemenag pada tahun 2018 ini diharapkan mampu berkolaborasi  dengan Tim Perlindungan Jamaah (Linjam), Bimbingan Ibadah, dan Tim Gerak Cepat (TGC) dari Kementerian Kesehatan untuk memberikan yang terbaik dalam membina, melayani, dan melindungi tamu-tamu Allah.