HMPPD UIN Malang Sukses Menyelenggarakan Semifinal dan Final CARDION 2024

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

11 Februari 2024. Keseruan CARDION 2024 sukses meraup 922 peserta. CARDION 2024 merupakan lomba rutinan yang bertaraf internasional dengan sasaran peserta siswa SMA/MA sederajat. Sejak 2016 HMPPD UIN Malang sukses menyelenggarakan perlombaan tersebut, dan tahun ini CARDION menyelenggarakan 2 cabang lomba yaitu olimpiade kedokteran dasar dan poster publik dengan mengangkat Tema Sistem Indera.

Pada tanggal 28 Januari 2024 tepatnya di hari minggu, Para peserta telah melewati babak penyisihan diikuti sebanyak Jumlah peserta olimpiade 738 peserta dan Jumlah peserta poster publik 174 peserta tim terdapat di berbagai rayon terdiri dari rayon jember, Jombang, malang, madura, surabaya, kediri dan Online.

Bertempat di Kampus 2 UIN Malang yang beralamat di Jalan Raya Ir. Soekarno, Kota Batu, Tepat Minggu pagi 11 Februari tahun 2024 pagi dilaksanakan rangkaian acara Semifinal-final Cardion 2024 yang diikuti oleh 25 tim Semifinalis Olimpiade dan 5 tim Finalis Poster Publik yang dihadiri oleh ketua Prodi Pend Dokter dr. Tias Pramesti Griana, M.Biomed, Sekretaris Prodi  Bpk Yossi Indra Kusuma, S.Ked., M.Med.Ed., Bpk Saiful Hikmah, S.Ag dan Perwakilan Ikatan Orang Tua dan Mahasiswa angkatan 22.

Acara diawali dengan pembukaan oleh MC dari mahasiswa PSPD angkatan 2023. dan dilanjutkan penampilan  tari yang dibawakan oleh LSO FKIK UIN Malang, sambutan oleh Sekretaris Prodi Pend. Dokter, kemudian pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan pembacaan berita acara oleh Rafi Ramdanul H. Mahasiswa PSPD 21 selaku ketua Pelaksana dan acara Semifinal dan Final Cardion 2024 resmi dibuka dengan pemukulan Gong oleh Bpk Yossi Indra Kusuma, S.Ked., M.Med.Ed., dan jajarannya.

Semifinal dilaksanakan secara rally point selama 90 menit di halaman Outdoor Kampus 2 UIN Malang. Dan final Poster publik dengan sistem presentasi dihadapan juri dari Dosen FKIK UIN Malang dan Dokter-dokter lulusan Kedokteran UIN Malang. selain itu pembina dari semifinalis Cardion juga mendapatkan sosialisasi dari ketua Prodi Pend Dokter dr. Tias Pramesti Griana, M.Biomed.

Setelah kegiatan semifinal, diambil 5 Tim dengan nilai tertinggi yang dapat melanjutkan ke Final yang melangsungkan presentasi dan cerdas cermat untuk menentukan Juara. “Lomba Cardion ini sangat seru, menegangkan dan membuat kita belajar mengenal materi-materi Kedokteran. Dari tim kami tidak memiliki persiapan yang banyak tapi kita memiliki feeling untuk bisa jadi juara, dan alhamdulilah hasilnya memuaskan”, ujar Tim Trigeminus Asal SMAN 1 Blitar selaku Peroleh Juara 1 Olimpiade CARDION 2024.

Bpk Yossi berharap semoga dengan adanya Cardion ini dapat meningkatkan jiwa kompetisi, kerjasama dan berlatih meningkatkan kemampuannya. Mudah-mudahan dengan adanya lomba ini, adik-adik SMA tertarik masuk ke Kedokteran UIN Malang.

Kontributor