27 Dokter Baru FKIK UINMA Ikuti Sumpah Dokter Angkatan ke III Tahun 2023

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
27 Dokter Baru yang Melakukan Pengucapan Sumpah Dokter

Selasa (17/10/2023). 27 orang dokter lulusan Program Studi Profesi Dokter Angkatan ke-3 Fakultas Kedokteran dan Ilmu kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (FKIK UINMA) telah mengikrarkan sumpah dokter di Aula Rumah Singgah Kampus II UIN Malang Lantai 4. Dengan persiapan yang matang dan ridho Allah, 27 dokter baru dapat melewati UKMPPD dengan baik dan ditetapkan lulus pada Oktober 2023. Suatu hal yang tidak mudah menjalankan pendidikan selama preklinik maupun klinik sehingga berhasil mewujudkan kompetensi kematangan profesional dan berhasil memperoleh gelar dokter.

Sumpah Dokter Periode III tahun ini dihadiri langsung oleh Dekan FKIK UINMA Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati PW.,M.Kes., Sp.Rad(K). beserta jajarannya, serta beberapa tamu undangan yang hadir berasal dari berbagai instansi kesehatan seperti Direktur RSUD Karsa Husada Batu yang diwakili oleh dr. Ferdinandus Stevanus Kakiay, Sp.PD-FINASIM., Komite Koordinasi Pendidikan RSUD Karsa Husada Batu oleh dr. Bambang Rishardana, Sp.B-FINACS. , Direktur utama RSJ Lawang yang diwakili oleh dr. Tutik Nur Kasiani, Sp.KJ., Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Surabaya oleh Dr. Rosidi Roslan, S.KM, S.H., M.PH., M.H. Dan Koordinator Upaya Kesehatan Lintas Wilayah oleh dr. Muhammad Gesta Robbi Farmawan, serta Ketua Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Prof. Dr. dr. Bambang Pardjianto, Sp. B., Sp.BP-RE(K). Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibawakan oleh Divif Dwi F.D mahasiswa PSPD angkatan 2022, serta persembahan lagu Indonesia Raya, Hymne dan Mars FKIK dari grup paduan suara FKIK UINMA. Acara selanjutnya yakni pembacaan surat keputusan yudisium kelulusan dokter baru oleh Ketua Program Studi Profesi Dokter yaitu dr. Iwal Reza Ahdi, Sp.PD.

Pembacaan Surat Keputusan Yudisium oleh Kaprodi Profesi Dokter, dr. Iwal Reza A., Sp.PD
Grup Paduan Suara FKIK UINMA

Acara puncak, yakni prosesi pengucapan sumpah dokter, berjalan dengan khidmat. Seluruh dokter baru mengucapkan sumpah dokter secara serentak di tengah ruangan yang disaksikan oleh semua tamu-tamu undangan yang hadir. Berikut 27 dokter yang mengambil sumpah antara lain: dr. Safira Dita Arviana, M.Biomed, dr. Nila Aisyah Wahyuni., M.Biomed, dr. Astrid Vira Mahesa, dr. Aslin Nur Ainiyah, dr. Ahmad An’im Fatahna, dr. Anindita Farah Yuwana, dr. Azka Fara diba Anjani H., dr. Dzulfikri Aulia Albar, dr. Walimatus Sya’diyah, dr. Luthfia Asyda Almas, dr. Ach. Guntur Hermawan. S.A., M.Biomed, dr. Dina Absharina Wulandari, dr. Sulistya Maharani, dr. Zidnal Mafaz, dr. Husnul Khatimah, dr. Hanun Shafira Qatrunnada, dr. M. N. Kholis, M.Biomed, dr. Ira Resmi Melani, M.Biomed, dr Lailita Dwi Cahyanti, dr. Naufal Rabbani, dr. Juwita Tri Linda Pratiwi, dr. Nadya Dharmayanti, dr. M. Farid Wafi, M.Biomed, dr. Kamilatun Niamah, dr. Galih Indra Purlistyarini, dr. Wawan Singgih Prasetyo, dan dr. Maulidya Machdaniar.

Prosesi Pengucapan Sumpah Dokter

“Sumpah merupakan suatu tantangan yang baru karena membutuhkan kekuatan dan keberanian untuk menjadi dokter yang lebih tangguh menghadapi masa depan dan dituntut untuk memberikan pelayanan sebaik-baiknya”, ujar dr. Ferdinandus Stevanus Kakiay, Sp.PD. FINASIM sebagai perwakilan direktur RSUD Karsa Husada Batu dalam sambutannya.

Dalam sambutan Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati PW.,M. sebagai dekan FKIK UINMA, beliau menyampaikan ucapan selamat serta pesan pengabdian kepada dokter-dokter yang baru saja lulus dan telah mengikrarkan sumpah dokter pada hari ini. “Saudara dokter baru mulai hari ini kalian sudah memasuki dunia kerja dan dunia pengabdian, karena dokter sejatinya adalah profesi untuk pengabdian kepada masyarakat, jangan semata-mata menjalankan profesi dokter ini hanya sebagai lahan untuk mencari penghasilan, ingat itu ya pegang teguh etika profesi dokter” ujar dekan FKIK UIN malang.

Sambutan Perwakilan Direktur Karsa Husada Batu
Sambutan Dekan FKIK UINMA

Setelah pengucapan sumpah dokter, dilaksanakan penyerahan penghargaan oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, dr. Alvi Milliana, M.Biomed, kepada lulusan terbaik yudisium periode bulan Oktober tahun 2023  dengan kategori predikat IPK tertinggi diraih oleh dr. Ira Resmi Melani dengan IPK 3,75. Nilai OSCE tertinggi diraih oleh dr. Muhammad Nur Kholis dengan nilai 92,95. Nilai CBT UKMPPD tertinggi (89,0) dan Nilai Kumulatif tertinggi (90,435) diraih oleh dr. Dzulfikri Aulia Akbar.

Penyerahan Penghargaan Kepada Lulusan Terbaik
Kesan Pesan Lulusan Dokter Angkatan ke 3

Dzulfikri Aulia Akbar sebagai perwakilan dari lulusan dokter baru FKIK UINMA 2023 menyampaikan kesan dan pesannya selama mengikuti pendidikan di UIN Malang setelah acara penghargaan selesai. “Berada di titik ini penuh rasa syukur kita telah berikrar dan berkomitmen seluruh pengetahuan untuk mengabdi dengan ilmu dan pengalaman yg telah diberikan, maka tanggung jawab semakin besar, petualangan besar ada dihadapan kita, dengan ilmu yang telah diberikan guru-guru kita, dan kita hadapi seluruh rintangan di masa depan” ujarnya sebagai pesan kepada teman-teman lulusan dokter baru.

Sesi akhir dari acara ini yaitu pemberian kenang-kenangan para dokter baru kepada fakultas serta sesi foto bersama seluruh angkatan ke-3 dokter FKIK UIN Malang bersama jajaran pimpinan fakultas dan tamu undangan. Banyak usaha, harapan dan doa yang telah dipersembahkan para dokter baru untuk mencapai titik sebagai dokter, di hari ini terlihat suasana haru bercampur bahagia telah menjadi satu.

“Harapan saya dengan acara sumpah dokter ini sebagai dasar bagaimana para dokter untuk kedepannya, karena dengan ini kita menjadi manusia yang baru dan pribadi yang baru. Harus selalu ingat sumpah yang telah diucapkan dan jangan dilupakan sampai kapanpun karena profesi dokter tidak akan pernah hilang dan lepas dari kehidupan kalian. “. ujar dr. Lina Fitria Astari, Sp.A., M.Biomed. sebagai ketua pelaksana sumpah dokter Angkatan ke-3

Foto Pimpinan Fakultas dan Prodi bersama Tamu Undangan

Ketua Prodi Profesi Dokter dr. Iwal Reza Ahdi, Sp.PD mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang telah melaksanakan sumpah dokter dengan harapan semoga dapat menjadi dokter yang dapat memberikan manfaat di keluarga, Masyarakat, negara, agama, dan membawa nama baik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Begitupun dengan Komite Koordinasi Pendidikan RSUD Karsa Husada Batu, dr. Bambang Rishardana Sp.B-FINACS, juga menyampaikan pesan bahwa menjadi dokter hari ini bukan merupakan puncak perjalanan, tetapi awal perjalanan mereka semua menjadi sebagai seorang dokter yang berkarakter ulul albab.

Kontributor : Susi Fatma Yulia & Raina Habibatul Haq (Tim Pers FKIK) Fotografer : Muhammad Alaudin Isyrafi & Gita firli (Tim Pers FKIK), Editor : Fathia (Humas FKIK)