You are currently viewing Ketua Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) Lakukan Visitasi di Prodi Kedokteran FKIK UIN Malang

Ketua Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) Lakukan Visitasi di Prodi Kedokteran FKIK UIN Malang

Senin (13/09/2021), sejumlah perwakilan dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) melakukan visitasi di Program Studi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Agenda tersebut bertujuan untuk melakukan monitoring dan evaluasi selama berdirinya Program Studi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Turut hadir secara luring dalam acara tersebut, Rektor UIN Malang dan Jajaran Pimpinan FKIK UIN Malang. Serta dihadiri pula oleh Para Wakil Rektor UIN Malang, perwakilan Ikatan Orangtua Mahasiswa (IOM), tenaga pendidik dan tenaga kependidikan PSPD FKIK UIN Malang secara daring.

Dalam kegiatan visitasi ini, pihak KKI menugaskan 8 orang asesor sekaligus. Tidak tanggung-tanggung, proses visitasi ini dipimpin secara langsung oleh Ketua Konsil Kedokteran Indonesia, dr. Putu Moda Arsana, Sp.PD-KEMD, FINASIM. Bersama dr. Putu, ada: drg. Moh. Nur Nasiruddin, M.Kes (Sekretaris KKI); drg. Ahmad Syukrul Amin, MM (Ketua Divisi Standar Pendidikan Profesi KKG); dr. Etik Retno Wiyati, MARS, MH (Analisis Kebijakan Ahli Madya KKI); dr. Fetty Ismandari, M.Epid (Analisis Kebijakan Ahli Madya KKI); dr. Siti Yunianti (Analisis Kebijakan Ahli Madya KKI); Kresna Lintang Pratidina, SKM (Administrator Kesehatan Ahli Pertama KKI); dan Banyu Herdiansyah, A.Md (Staf Bagian Standardisasi Pendidikan Profesi KKI).

Acara dibuka dengan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Dekan FKIK UIN Malang, Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati PW., M.Kes., Sp.Rad(K) dan Rektor UIN Malang, Prof. Dr. HM. Zainuddin, MA. Dalam sambutannya, Prof. Zain menyampaikan bahwa Prodi Pendidikan Dokter FKIK UIN Malang ini didirikan dengan sebuah tujuan mulia, yakni mencetak dokter-dokter dengan karakter keislaman yang kuat. “Mahasiswa-mahasiswi kedokteran kami ini selain ditempa secara keilmuan juga didasarkan pada pendidikan karakter yang intensif di ma’had yang ada di UIN Malang, sehingga kami berharap mereka nantinya akan dapat menjadi pribadi profesional kesehatan yang unggul,” terangnya.

Memasuki acara inti, yakni agenda visitasi, dibuka dengan presentasi Ketua Tim Penyusunan Borang PSPD FKIK UIN Malang, dr. Abdul Malik Setiawan, M.Infect.Dis. Dalam penyampaiannya, dr. Malik menjelaskan tentang garis besar profil Prodi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter, mulai dari visi-misi dan tujuan hingga profil lulusan dan pencapaian apa saja yang telah berhasil diraih selama 5 tahun berdirinya PSPD-Profesi Dokter FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Sesi presentasi kemudian diikuti dengan diskusi dan tanya jawab oleh para asesor maupun audiens yang hadir baik secara daring maupyun luring. Pada akhirnya, kegiatan visitasi oleh KKI ditutup dengan asesmen lapangan dengan mengunjungi sarana dan prasarana yang ada di Prodi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Asesmen lapangan diperlukan bagi para asesor untuk mendapatkan data riil kondisi program studi, sebelum di kemudian hari akan dijadwalkan suatu acara sebagai bentuk tindak lanjut dari asesmen tersebut.

(Alif FF – Humas FKIK UIN Malang)