Pembagian Makanan Buka Puasa Himpunan Mahasiswa Profesi Dokter dan Neonatus 2016

Himpunan Mahasiswa Profesi Dokter (HMPD) yang bekerjasama dengan angatan 2016 (Neonatus) mengadakan penggalangan dana. Nantinya uang yang terkumpul ini akan dibelikan makanan untuk berbuka puasa bagi yang membutuhkan. Penggalangan dana ini dilakukan mulai dari tanggal 17 april 2021 sampai 22 april 2021. Pembagian makanan untuk berbuka puasa dilakukan pada tanggal 23 april 2021. Penggalangan dana ini dilakukan karena bertepatan puasa tahun ini juga masih pandemi COVID-19. Acara ini dilakukan setidaknya membantu mereka yang membutuhkan disaat pandemi ini. Walaupun angkatan 2016 sudah masuk ke tahap profesi yang mana kegiatan di Rumah Sakit cukup padat, diharapkan masih mahasiswa profesi dapat menyempatkan waktu untuk berbagi dengan sesama.

 

Uang yang terkumpul dalam penggalangan dana selama 5 hari , yaitu Rp. 4. 785.000. uang yang terkumpul ini akan dibelikan makanan buka puasa bagi yang mmebutuhkan. Pembagian makanan dilakukan dalam 2 tahap. Tahap pertama dilakukan pada Jum’at 23 April 2021. Pada tahap ini dibagikan 180 kotak makanan untuk berbuka puasa. Mahasiswa profesi dibagi menjadi beberapa kelompok dimana nantinya akan disebar ke beberapa titik daerah untuk membagikan makanan. Pembagian makanan dimulai pukul 16:00 WIB dan menyebar ke beberapa titik, seperti selecta, songgoriti, BNS, daerah Lippo Plaza Batu, dan Alun-alun kota Batu. Pembagian makanan ini difokuskan terutama kepada yang benar benar membutuhkan seperti, ojek online, ojek pangkalan, tukang becak, dan tukang parkir. Pada saat pembagian makanan disambut antusiasme yang luar biasa. Mereka sangat senang ketika mendapat makanan untuk berbuka puasa.

Tahap kedua pembagian makanan dilakukan pada hari Minggu 25 April 2021. Tahap kedua ini berbeda dengan tahap pertama. Pada tahap kedua ini dilakukan pembagian makanan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Aanak (LKSA).  Pemagian makanan dilakukan di LKSA Al-Hidayah dan LKSA Nurul Hidayah. Selain pembagian makanan untuk berbuka puasa, diberikan juga paket Sembako dan juga uang tunai di dua LKSA tersebut. Pembagian makanan pada tahap 2 ini dilakukan oleh perwakilan beberapa mahasiswa profesi dan angkatan 2016, total 5 orang perwakilan yang memberikan ke LKSA tersebut. Pembagian dilakukan mula pikul 15:30 WIB. Tujuan pertama adalah LKSA Al-Hidayah dan selanjutnya LKSA Nurul Hidayah. Pembagian makanan untuk berbuka, paket Sembako, dan uang tunai dilakukan secara simbolis dengan Pembina LKSA.

Lampiran Foto Kegiatan