Annual Symposium on Hajj and Umrah Medicine (ANSHAR) 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang telah menetapkan visi untuk menjadi Program Studi Pendidikan Dokter terkemuka untuk menghasilkan dokter yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional serta memiliki keunggulan ilmu kedokteran wisata khususnya haji. Keunggulan di bidang kesehatan haji didasari pada tujuan untuk mendukung upaya peningkatan pelayanan kesehatan jama’ah haji dan umroh.

Implementasi keunggulan kesehatan haji dalam bidang penelitian berupa pengembangan bidang Ilmu Kedokteran Haji serta riset-riset mutakhir guna menghasilkan temuan terkini untuk mengatasi permasalahan kesehatan pada penyelenggaraan Haji. Pengembangan keilmuan dan temuan riset bidang ilmu Kedokteran Haji harus disosialisasikan ke masyarakat akademik maupun khalayak umum dalam bentuk seminar maupun pertemuan ilmiah dengan cakupan yang luas. Maka dari itu dibutuhkan forum dengan skala nasional dengan tujuan diseminasi keilmuan di bidang ilmu Kedokteran Haji. Penyelenggaraan forum-forum ilmiah berskala nasional juga diharapkan mampu meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan di Indonesia pada bidang ilmu Kedokteran Haji. Hal ini bermanfaat dalam menyiapkan petugas kesehatan baik dokter dan perawat yang bertugas di lini terdepan dalam pelayanan kesehatan bagi jamaah haji, khususnya pada penyelenggaraan haji tahun 2020 yang akan datang.

Annual Symposium on Hajj and Umrah Medicine (ANSHAR) 2019 merupakan kegiatan pertemuan ilmiah yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Pelaksanaan simposium berskala nasional ini mengambil tema Optimalisasi Upaya Preventif dan Mitigasi pada Religious Mass Gathering (Studi Kasus pada Haji)”. Acara ini juga bertujuan untuk memberikan wahana keilmuan bagi dosen, peneliti, mahasiswa maupun penggiat ilmu kedokteran haji untuk mendiseminasikan hasil penelitian dalam bentuk karya ilmiah maupun poster ilmiah pada forum berskala nasional.

Lebih lengkapnya disini