CARDION 2019, Kompetisi Sains dan Medis untuk Siswa SMA se-derajat

Malang- Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar Acara Cardion 2019. Cardion (Science and Primary Medical Competition) 2019 adalah olimpiade sains dan kedokteran dasar serta Try out SBMPTN. Olimpiade ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2018 lalu.

Di tahun ini terdapat dua bidang uji yang masuk dalam rangkaian acara Cardion 2019, yaitu Olimpiade Sains dan Kedokteran Dasar, serta Try out SBMPTN Saintek.

Tahun ini, Cardion hadir di 7 rayon, diantaranya: Malang sebagai pusat rayon, Jombang, Surabaya, Tasikmalaya, Jakarta, Makassar, dan Jogja. Sebelumnya para cardinians, sebutan para panitia cardion, gencar melakukan sosialisasi Cardion 2019 di ribuan SMA baik negri maupun swasta di seluruh Indonesia sejak 16 Juli 2018 lalu.

Tema yang diusung event bertaraf nasional ini ialah “Cardiovascular System”. Tahapan Olimpiade dimulai dari tingkat penyisihan secara offline maupun online. Kompetisi ini berakhir dengan babak semifinal dan final yang dilakukan di rayon pusat yakni Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Dalam pembukaan Semifinal dan final, turut hadir Chairul Syarif Staff Administrasi Umum Pemkot Batu selain untuk mewakili Walikota Batu Drs. Dewanti Rumpoko, beliau juga membuka acara secara resmi Grand Opening Semifinal-Final Cardion 2019. Bertajuk “Take The Challenge To Your Beat” Cardion 2019 mengajak para peserta berkenalan lebih dalam mengenai dunia kedokteran.

 

Sebanyak 40 tim (120 peserta) dari 4100 peserta dari seluruh Indonesia yang lolos tahap penyisihan akan  melanjutkan ke tahap semifinal. Pada tahap semifinal para peserta berlomba menjawab pertanyaan yang tersebar di 25 titik pos di sekitar kampus 2 UIN Malang. Setiap pos memiliki durasi waktu yang telah ditentukan panitia. Ada 4 bidang mata pelajaran yang dilombakan yaitu Biologi, Fisika, Kimia,  dan Kedokteran Dasar. Dari tahap semifinal akan diambil 5 tim dengan nilai terbaik untuk maju ke babak Final. Ke lima tim tersebut akan memperebutkan Juara 1,2, 3, Harapan 1, dan Harapan 2.

“Ini salah satu ajang olimpiade yang paling seru yang pernah saya ikuti, karena di babak semifinal kita berlarian, berlomba untuk mencari pos-pos yang telah disediakan di sekitar kampus, dan menjawab soal yang terdapat dalam pos tersebut. Capek sih lari lari, tapi seru banget!!”ungkap salah satu peserta dari SMAN 2 Cirebon.

 

5 tim yang sebelumnya masuk sebagai grand finalis dalam Cardion 2019, telah diputuskan pemenangnya yaitu Juara pertama dari MAN 2 Malang, Juara kedua dari SMA 1 Blitar, Juara ketiga dari SMA 2 Cirebon, Juara Harapan 1 dari SMA 1 Lumajang, dan Juara Harapan 2 dari SMA 1 Gresik

(Khilmi Ainun Nadliroh)