Sosialisasi dan Pelatihan E-journal

Perpustakaan UIN Malang bekerjasama dengan beberapa publisher jurnal terbesar di dunia, diantaranya Proquest Database, Springer Journal, Emerald Journals dan SAGE Journals mengadakan sosialisasi e journal disertai pelatihan online database bagi para dosen serta Civitas akademika FKIK UIN Malang. Pelatihan dan Sosialisasi Ini diadakan pada hari Rabu 22 Februari 2017, di Hall Rumah Singgah Lt.3 Kampus 2 UIN Malang. Pelaksanaan Sosialisasi dan Pelatihan ini mengundang narasumber Ibu Nelly Arifyani perwakilan dari Springer Nature.
Dalam sambutannya, Dr. dr. Achdiat Agoes, Sp.S, selaku wakil Dekan bidang Akademik FKIK UIN Malang, menyatakan bahwa “Upaya untuk peningkatan penjaminan mutu akademik dan kualitas pembelajaran di Perguruan Tinggi sangat diperlukan. Selain itu juga diperlukan peningkatan atmosfir akademik melalui peningkatan kualitas penelitian dosen dan mahasiswa untuk publikasi Internasional. Hal ini sangat diperlukan untuk mendorong kreativitas baik mahasiswa maupun dosen untuk meningkatkan wawasan keilmuaan serta memupuk bakat meneliti sejak dini dan membuka wawasan global melalui pencarian referens dari berbagai sumber (Journal International). Disamping itu selain kreativitas, gagasan, kemampuan akademik dosen serta membangun atmosfir penelitian, menulis dan mempublikasikan hasil penelitiannya di forum ilmiah internasional (baik jurnal maupun pertemuan ilmiah bertaraf internasional)”.
E-journal yang dilanggan UIN Malang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh civitas akademika, sayang sekali kalau e-journal yang berbayar mahal ini sia-sia saja keberadaannya. Oleh karena itu dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan seluruh civitas lebih mengenal dan mengetahui keberadaan akses e-journal linternasional yang dilanggan UIN Malang, sekaligus memaksimalkan pemanfaatannya bagi kebutuhan akan sumber rujukan ilmiah yang terpercaya dan berkualitas untuk penelitian dan sebagainya”. Imbuhnya.
Dalam Sosialisasi tersebut Ibu Nelly. A menyatakan bahwa Jurnal-jurnal ilmiah yang dikelola oleh perguruan tinggi di Indonesia ternyata masih mengalami kesulitan untuk ditingkatkan menjadi jurnal internasional. Salah satu kendala yang dihadapi terutama di kualitas dan pembiayaan. Umumnya, adalah dengan memasukkan jurnal ke dalam situs Scopus, yang merupakan situs web database abstrak dan citation terbesar dengan data bersumber dari literatur-literatur yang dievaluasi oleh peer. Selain itu Ibu Nelly. A juga memberikan Tips-tips bagaimana Submit di Jurnal Internasional diantaranya adalah mempersiapkan dokumen sebelum submit ke jurnal yaitu Covering letter (Pokok permasalahan), Text manuscript (Title, Abstract, Introduction, Materials and Method, Results and Discussion, Conclusion, Acknowledgment, References, Figures caption), Tables dan Figures. Selain itu artikel harus ditulis dengan baik sesuai dengan sesuai dengan format pada jurnal tersebut.
Dengan adanya pelatihan dan sosialisasi e journal ini diharapkan kepada seluruh Civitas akademika UIN malang, khususnya FKIK dapat membuka wawasan, dan kreativitas agar penelitian dan tulisannya dimuat di jurnal-jurnal Internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *