Pelatihan Online Research Skills

Kedokteran UIN Malang mengadakan Pelatihan Online Research Skills, Rabu, 7 Desember 2016, Bertempat di Laboratorium CBT Rumah Singgah Lt.3 Kampus II UIN Malang. Pelatihan ini di hadiri oleh mahasiswa dan dosen pendidikan dokter. Pelatihan ini relevan dengan kebutuhan mahasiswa dalam memanfaatkan Online Resources sebagai sumber belajar dan penelitian.
Dalam dunia akademisi selalu tidak terlepas dengan yang namanya research. Untuk mencari dan mengetehui Sumber informasi yang akan kita gunakan untuk research, biasanya kita bisa menggunakan apa saja diinternet melalui bantuan Google atau search engine lainnya, namun apa yang diperoleh dari situ tidak semuanya bisa masuk pada kategori ilmiah bahkan memakan waktu yang lama dalam proses pencarian serta selalu kompeten dalam bidang penelitian yang dibutuhkan. Sehingga hasil pencarian yang dilakukan tidak maksimal. Tentunya hal ini akan mempengaruhi kualitas rujukan dan kekayaan sumber penelian yang dilakukan. “Sehingga kita memerlukan alat bantu lain yang dapat membantu dalam mencari jurnal atau hasil penelitian lainnya dengan media lain,” Ujar Faizuddin Harliansyah, MIM. Media ini seperti Proquest Database, Springer Journal, Emerald Journals, SAGE Journals, dan yang telah dilanggan kampus dan Free access. Dengan bantuan media-media tersebut dapat diperoleh informasi ilmiah yang melimpah, murah, mudah diakses dan juga berkualitas.
Selain itu Pak Faiz juga menjelaskan cara pengelolaan Referensi, artikel maupun journal, melalui Zotero. Zotero ini merupakan salah satu software yang membantu peneliti mahasiswa dan dosen mengelola referensi atau bahan-bahan rujukan penelitiannya. Zotero termasuk dalam reference management software yang gratis, terutama versi desktopnya. Untuk versi webnya zotero menyediakan ruang penyimpanan gratis pada saat tertentu. Dijelaskan pula tentang bagaimana cara menginstal Zotero, langkah penginstallan secara offline (komputer tidak terhubung internet), menginstall zotero plugin pada word processor secara online, membangun zotero library, menambahkan browser melalui web browser, membuat kelompok subyek dalam Zotero Library, menyisipkan kutipan (insert citation), memasukkan informasi halaman dalam kutipan, menyisipkan daftar pustaka, merubah citation style, menginstal citation style. Dengan software Zotero tersebut diharapkan seseorang akan mengelola dan mengembangkan Referensi online yang telah didapatkan, serta mampu membuat sebuah perpustakaan digital pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *