HAB 2017 Lebih Dekat Melayani Umat

UIN Maulana Malik Ibrahim hari ini memperingati hari jadinya yang ke-71. Hari lahir kementerian yang bermotto Ikhlas Beramal ini diperingati sebagai Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya bahwa salah satu kegiatan yang bersifat wajib pada setiap memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementrian Agama adalah adanya kegiatan upacara diseluruh satuan kerja Kementrian Agama Pusat maupun daerah. Peringatan HAB ditandai dengan upacara yang digelar di Lapangan depan Gd. Jenderal Besar H.M. Soeharto. Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Mudjia Raharjo sendiri yang memimpin jalannya upacara.
Tujuh puluh satu tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 3 Januari 1946, Pemerintah atas usul dari Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) membentuk Kementerian Agama dan mengangkat Menteri Agama yang pertama yaitu Haji Mohammad Rasjidi. Pembentukan Kementerian Agama merupakan peristiwa penting dan bersejarah bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai negara religius yang nasionalis.
Dalam amanatnya, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang didaulat membacakan sambutan Mentreri Agama mengatakan sejalannya dengan tema Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Ke-71 Tahun 2017 yaitu Bersih Melayani dan dengan Motto Lebih Melayanin Umat, saya berharap peringatan Ulang Tahun Kementerian Agama ini semakin memperkuat komitmen kita semua terhadap integritas dan etos kerja sebagai pelayan masyarakat dan pengayom semua umat beragama.
“Kemenag harus lebih dekat melayani umat sehingga akan semakin memperkuat komitmen kita sebagai pelayan umat. Karena itu ASN Kemenag harus kembangkan wawasan dan tingkatkan keterampilan,” katanya.
Menteri juga mengintruksikan jajaran Kemenag agar bersikap sebagai agamawan dan negarawan menempatkan kepentingan umum dan bangsa di atas kepentingan golongan dan pribadi. Menurutnya,publik semakin menilai positif kinerja Kemenag, ini terlihat dalam sejumlah survei indeks kerukunan umat agama sangat tinggi. “Beberapa waktu lalu Kemenag RI juga dapat sejumlah penghargaan dari Presiden dan Kementerian Keuangan RI. Disisi lain Ombudsmen RI menilai kita belum begitu bagus. Kita juga turun dari WTP menjadi WDP dari BPK.”
Terhadap kinerja kinerja positif, marilah bersyukur dan terusl istiqomah (konsisten) dalam jalur yang baik. Sebaliknya, marilah segera kitabenahi catatan-catatan negatif yang tersisa. Sebab itulah, kata “Bersih Melayani”yang merupakan tema HAB tahun lalu tetap dipertahankan. Harapannya, kita harus benar-benar bersih tanpa menyisakan sedikit pun noda. Hanya saja, tahun ini tema itu dilengkapi dengan motto “Lebih Dekat Melayani Umat” yang bermakna kita harus lebih peka mendeteksi aspirasi masyarakat, lebih sigap membereskan masalah dan lebih cekatan memenuhi kebutuhan umat, Tambahnya.
Acara di akhiri dengan pembacaan Sumpah pegawai ASN baru di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan pelantikan Prof. Dr. dr. Bambang Pardjianto Sp.B Sp.BP(K) sebagai Dekan Baru Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Malang, serta ditutup do’a.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *