Pengabdian Kepada Masyarakat

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, hal ini sangat penting sebagai wujud nyata aplikasi ilmu pengetahuan dalam bidang pelayanan kesehatan di dalam komunitas masyarakat. Kegiatan Pengabdian masyarakat pada kesempatan ini telah dilakukan pada Minggu (9/10) yang bertempat di Balai desa Sumber Sekar, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Dokter UIN Maliki Malang ini, mendapat sambutan warga Sumber Sekar yang membutuhkan layanan kesehatan dengan mendatangi lokasi pelayanan, panitia menyediakan tempat mendaftarkan untuk antrian menerima pelayanan kesehatan, dari balita, Ibu hamil dan lansia.

dr. Nurlaili Susanti, M.Biomed selaku Ketua Program Studi Pendidikan dokter UIN Maliki Malang menjelaskan bahwa kegiatan Pelayanan Kesehatan di ikuti oleh Seluruh dosen, Staf, dan mahasiswa kedokteran, dimana mahasiswa bertugas untuk melakukan anamnesis terhadap keluhan klien dan pengecekan tanda vital yaitu tekanan darah serta denyut nadi. Sedangkan Team kesehatan/ dosen berpartisipasi dalam pemberian pengobatan gratis dan konseling terkait dengan pengaturan gaya hidup dan makanan (gizi) sesuai dengan penyakit klien menggunakan metode cermah dan leaflet. Beliau juga menambahkan kegiatan Pengabdian Masyarakat Program Studi Pendidikan Dokter yang bertemakan “Bersama UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Menuju Indonesia Sehat” ini mendapat perhatian dan dukungan tidak hanya dari pihak kampus tetapi juga kepala desa Sumber Sekar, Kapolsek serta Danramil Kec. Dau Kab. Malang.

“Dengan dilakukannya kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh anak anak kita, untuk dapat memanfaatkan kesempatan untuk menerima pelayanan kesehatan yang berlangsung selama sehari. Apabila ada penyakit pada diri kita masing-masing, maka lakukan pengobatan, agar lebih tubuh kita sehat, tubuh sehat, hati sehat, beraktivitas pun jadi sehat” tutur Kepala Desa Sumber Sekar.

Sementara peserta pelayanan kesehatan Sutrisno (56) warga Sumber sekar, saat ditemui usai menerima pelayanan kesehatan mengatakan,  “Dokter dan panitia sangat ramah dan baik memberikan perhatian dan pelayananan kepada pasien, sehingga derita sakit yang dialami diperiksa dan diberikan pengobatan dan gunakan obat yang diberikan sesuai petunjuk,” tutur Sutrisno.

Harapan ke depan adalah Program Studi Pendidikan dokter UIN Maliki Malang mampu menjadikan mahasiswa yang tidak hanya kaya akan pengetahuan dan keterampilan di ranah nasional, namun juga dapat bersaing di dunia internasional. Semakin lama tuntutan di segala bidang akan berlomba menunjukkan mutu dengan kualitas terbaik, dibidang bidang kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *